Kebohongan Algoritma Media Sosial

Bagikan ke
Kebohongan Algoritma Berbagai Media Sosial

Kebohongan algoritma media sosial itu ada yang bener kerjanya. Karena sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan minatmu tapi nggak sedikit juga yang kurang tepat. Karena terkadang random dan ngerasa algoritma tu paling bener.

Eh bro, lu pasti ngerti algoritma kan. Semua janis algoritma pasti lu udah babat habis sampe kenyang, ngerti sampe ke akar-akarnya, seperti ubi kayu yang lu cabut. Semua supaya dapat ubi yang sedep banget di goreng. Apalagi pake sambel kayak orang Ternate atau orang Makassar makan ubi (singkong), pasti pake sambel. Udah pedes tapi nggak ngenyangin.

Bro, gue ingatin nih, algoritma itu sering main drama bahkan lebih seru dari Drakor yang biasa lu tonton di netflix. Jadi gini biar lu paham gimana mainannya algoritma yang paling sering di gosipin sama konten kreator atau para markiting affiliate. Atau para buzer-buzer yang kerjanya bikin lu percaya pada hoax.

Baca juga : Bangkit Melawan AI Wujudkan Indonesia Kuat

Niatnya Baik tapi Nggak Baik Amat

Sebenarnya kalo lu ngerti kerjanya, awalnya algoritma itu niatnya baik, kayak lu pengen ngantar nenek-nenk nyebrang jalan. Tadinya dikira nolong tapi ada juga yang bilang cari perhatian, nah itu niatan orang iri bukan niatnya algoritma. (koq senyam senyum aja)

Niatannya algoritma itu sebenarnya biar kita pada betah nge-scroll sampe ujung jari jempol lo kaku. Atau biar lu lihat semua konten yang lewat di beranda lo yang memang jadi kesukaan lo, itu katanya algoritma. Padahal ya nggak juga, yang lewat di beranda kita itu kan tergantung aja. Antara IG, Tiktok dan Youtube pasti bedalah cara ngenalin algoritmanya pada HP kita.

Jadi Kebohongan algoritma media sosial selain ada kelebihan karena ngenalin ke kita bagaimana cara kerjanya algoritma. Saya hanya mencoba untuk ngingetin kebohongan dari algoritma yang sedang di sembunyikan para suhu-suhu konten kretor dan selalu disembah mereka yang main medsos.

Jadi algoritma tu semacam aturan atau rumus yang sering di gunakan oleh media sosial. Untuk menentukan konten atau VT mana yang akan muncul di beranda lu atau di Feed lu. Tujuannya biar lu ngeliat konten yang algoritma anggap paling sesuai dengan keinginanmu. Hal tersebut di hitung dari setiap video atau gambar yang lu sering like atau komen.

Bias Personalisasi

Gini-gini, gua mau bilang kalo lu ngerti algoritma itu ngomongnya ngerti dan sangat paham tentang diri lu, padahal kenyataannya nggak ngerti-ngerti amat. Bahkan lebih banyak biasnya dari pada ngenanya.

Misalnya lu kebetulan nge-like tu satu konten yang kebetulan aja kayak terhipnotis untuk nge-like. Trus algoritma bilang “lu sukanya ini kan! Padahal nggak sengaja atau yang nggak suka juga.

Konten yang lu kebetulan like itu konten tentang kucing, nah..beberapa saat kemudian tiba-tiba aja tu, semua beranda lu kebanjiran kucing. Mulai dari kucing kampung sampe kucing kota terus-terus aja lewat di beranda lu.

Padahal ketika kamu nikmatin beberapa video yang lewat di beranda lu ada juga kan, tentang lucu-lucuan, ada yang ngereview masakan atau tentang latihan timnas yamg mau ngelawan Timnas China. Itu semua lu tunggu eh..malahan nggak lewat, lagi-lagi kucing yang menuhin layar kamu, itulah kelemehan algoritma yang nggak ngerti tapi ngakunya ngerti banget tentang lu, namanya juga robot.

Over Sensasi

Namanya juga algoritam yang buat lu kurang bener tapi menurut mesin algoritma apa yang kita mau di berikan. Kan banyak tuh, konten-konten yang bombastis selalu tersajikan oleh algoritma di beranda kita, padahal nggak juga kita suka bahkan jijik aja.

Yang bikin mangkel juga, karena yang terangkat dan tersajikan di beranda kita tuh, hal-hal yang nggak masuk akal, berita hoax, clickbait atau malahan tentang konten-konten yang bikin lu jadi parno.

Inilah yang buat wajah kita yang tadinya ceriah dan sumringah malah jadi berkerut kayak nenek-nenek yang umur udah puluhan tahun atau jengkel karena nyium bau BAB kucing kampung. Udah jelek blepoten lagi.

Lu pernah denger efek echo Chamber, Jadi algoritma kayak ngasih kita cermin, buat lu ngaca, jadi sebenarnya ada berbagai konten yang mirip-mirip aja sih, tapi selalu aja bilang,.iya lu..lu bener deh!! Padahal lu pengen ada pandangan yang beda atau mungkin ada yang sedikit protes nggak setuju.

Tapi kan faktanya algoritma ngga mau nerima lu punya keinginan. Algoritma seolah egois hanya dia aja yang pengen di ikutin tapi nggak mau sekali-sekali ikut emosi kita. Jadi boleh di katakan algoritma tu malah bikin kita susah dan nggak pengen dengerin suara lainnya.

Nggak transparan

Bener nggak kalo kita nyebutin algoritma tu nggak transparan, pengen menang sendiri. Ni cotohnya, kenapa konten A muncul di feed gue? Ayo, mestinya algoritma memberikan penjelasan yang detil dong kok kontennya muncul ke gue padahal gue nggak suka.

Nah kalo di tanya gitu, kan algoritmanya diem aja, nggak mau ngejawab kayak patung-patung yang ada di candi. Mestinya algoritma jelasin bahwa kita lebih suka cerita horor ketimbang cerita drakor yang sukanya manjang-manjangin cerita padahal bisa singkat tapi di buat berseri-seri.

Jadi algoritma tu, seenak udelnya aja, mau apa kita pasrah aja. Di berikan konten A yang silahkan atau diberikan konten B yang kita nerima aja kayak anak kecil di suguhin berbagai macam permen yang berwarna-warni padahal diantaranya ada permen yang bikin kita batuk.

Jadi kalo saya mau bilang sebenarnya algoritma tu nggak jujur dan nggak mau transparan. Lebih tepatnya egosi memberikan apa yang “katanya kita suka” padahal nggak semuanya bener. Bisa jadi pagi ini gue suka Informsi timnas sepakbola, tapi beberapa menit kemudian gua pengen cerita tentang perselingkuhannya mantan Gubernur Jawa Barat, kan wajar to!

Sering Overload

Iya kan…jujur aja, kalo algoritma terlalu mau ngerti kita, jadinya selalu nampilin foto atau video atau konten yang mirip-mirip aja, seperti yang lu tonton sebelumnya

Mestinya algoritma tu ngerti kalo kita bosen dengan hal itu, tapi nggak ngeh, tetap aja nge-push konten yang udah ngebosanin buat kita. Tapi itulah algoritma yang kerjanya hanya nyenangin kita secara pikiran, tapi dalam hati lu sebenarnya nggak sepakat kalo itu-itu aja yang tampil,

Jujur bener kan? Iyalah ngapain lu nge-scroll tiktok kalo yang lewat di beranda lu itu-itu aja, apalagi yang di anggap FYP. Nggak juga, lu pasti pengen lainnya.

Karena itu-itu saja yang selalu lewat di beranda lu, makanya lu akan pindah ke media lain, katakankah kali sedang buka tiktok. Trus yang lewat tentang flexing mobil sport konten kreator yang nggak jelas, pasti lu jengkel makanya pindah ke IG trus kalau ketemu yang nggak suka maka lu kembali buka youtube itu aja lu kerjain berjam-jam. Bosan kan!

Akhirnya ini yang bikin kita jengkel tapi sekaligus juga bikin kita kangen. Nah itulah tugas algoritma, jadi nggak usah terlalu serius kalo kita main medsos, karena kita sedang di mainkan oleh algoritmanya.

Penuh Pertengkaran batin

Kita paham bahwa itu adalah media yang selau cari sensasi, maka jangan baperan kalo kita main dengan berbagai algoritma. Ada media yang sengan kalo lu bertengkar, karena menganggap bahwa algoritma yang lu suka yang bertengkar

Jadi ya.jangan kecewa kako yang diberikan adalah VT yang penuh pertengkaran. Jika senang dengan gaya Rocky Gerung ya… pastilah di beranda kamu teman-temannya Rocky Gerung, karena Algoritma menganggap bahwa lu senang bicara filasafat yang nggak jelas juga.

Jadi saya ingin katakan bahwa algoritma memang menciptakan dirinya untuk membantu kita, tapi ingat bahwa adakalanya ketika mesin “lelah” maka seperti algoritma pun bisa salah dalam memprediski kesenangan lu dari setiap media sosial yang anda liat.

Jadi, next time kalo feed-mu isinya itu-itu aja, coba diinget: “Oh, ini salah satu kelemahan algoritma.” Jangan keburu bete, Kebohongan algoritma media sosial Bro! Biar santai aja, sambil tetep kritis dan waras di dunia maya.


Pengulas: Baso Marannu (pemerhati seni kerajinan Indonesia) owner pengembang website www.ragamhiasindonesia.id. saat ini sebagai peneliti Ahli Madya pada Pusat Riset Khazanah Keagamaan dan Peradaban – BRIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *